Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Alat ukur untuk berhidroponik


Apa sih salah satu indikator yang mendukung keberhasilan seseorang atau petani yang memilih pertanian Komersial seperti Hidroponik.. ? 

TDS, ini adalah salah satu kunci keberhasil seorang petani hidroponik, Kenapa? Denga terpenuhinya kebutuhan nutrisi dan kesesuaian kepakatan larutan yang diberikan pada tanaman itu di ukur dengan alat yang bernaman TDS ( Total Dilluted Solid), karena pada sistem hidroponik petani / atau pelaku usaha hidroponik harus rutin melakukan pengukuran kadar PPMnya agar tetap stabil dan sesuai dengan usia tanaman dengan menggunakan alat TDS (Total Dilluted Solid). 

TDS (Total Dilluted Solid) sendiri adalah alat ukur yang biasa digunakan untuk mengukur jumlah padatan terlarut pada suatu cairan (air) baik itu organik dan non organik, dengan adanya alat TDS ( Total Dilluted Solid), kita dapat memperikarakan atau mengetahui apakah tanaman kita sudah kecukupan nutrisi atau belum, karena beda usia tanaman pasti beda kebutuhan nutrisi atau kepakatan larutan yang dibutuhkan suatu tanaman. TDS ( Total Dilluted Solid), menghasilkan satuan yaitu, ppm (part per million) , apa itu ppm ? ppm adalah satuan konsentrasi senyawa yang banyak digunakan dalam analisis kimia, 

Ph Meter , Apa peran penting alat ukur Ph meter pada tanaman hidroponik? 

Ph Meter berfungsi untuk mengukur derajat atau tingkat kebasaan dan keasaman pada suatu benda cair maupun padat, pH meter digunakan oleh kalangan petani degan sistem hidroponik, para petani konvensional juga mengguakannya tapi secara fisik bentuk alat berbeda secara fungsi sama, mengukur tingkat kebasaan dan keasaman. Didalam pertanian sistem hidroponik Ph meter ini biasanya digunakan setelah atau sebelum air ditambah nutrisi hidroponik, Nilai Ph berada pada posisi angka 1 sampai 14, Nilai 7 menunjukkan keadaan Ph netral dan nilai yang menunjukkan angka 7 kebawah berarti menunjukkan keadaan basa. Dalm sistem hidroponik penggunaan pH meter sangatlah penting, setiap akar tanaman itu sendiri dapat menyerap unsur mineral dalam air dengan Ph tertentu, diantara angka 5,5 sampai di angka 7,00. Angka pH juga sangat menuntukan apakah unsur mineral dapat larut dan diserap oelh akar tanaman, jika larutan pH terlalu tinggi atau dia asam/rendah itu dapat menyebabkan tanaman menjadi tidak normal dalam proses pertumbuhannya. 

Keuntungan jika kita memiliki alat ukur TDS dan pH meter daam berkebun hidroponi adalah, kita lebih dimudahkan dlaam mengontrol nutrisi pada bak, dan tingkat keasaman air, didalam bak ppm selalu naik turun, sama halnya dengan pH air jadi dua alat ini sangat dibutuhkan dalam proses berkebun dengan sistem hidroponik. Cara menggunakan alat Tds sangat mudah cukup di tenggelamkan sebagian atau sekitar 2 cm kedalam bak nutrisi dan silahkan liat angka yang naik, jika ppm kurang silhahkan ditambah, agar proses penyerapan nutrisi ketanaman berjalan dengan baik, begitupan sebaliknya, menggunakan alat Ukur pH air, dicelupkan sebagian atau sekitar 2 cm, jika pH tidak normal silahkan dikurangi jika pH terlalu rendah silahkan dinaikkan, cara menurunkan pH pada air bak adalah dengan menggunakan cairan pH down atau yang mengandung Phospat Acid. Sealain TDS dan Ph meter yang digunakan pertanian hidroponik adalah pengukur suhu panas. 





Post a Comment for "Alat ukur untuk berhidroponik"