Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Permentasi buah vanili



Permentasi Buah Vanili, 
Vanili kembali tren dikalangan petani saat ini, harga yang menjanjikan membuat petani berbondong bondong untuk menanam kembali, dulu vanili tren dimasa tahun 2000 an, hanya jadi persoalan banyak petani yang tidak tahu cara menyerbukan bunga vanili saat mekar. vanili sendiri dikenal oleh orang orang indian di negara meksiko, Vanili adalah tanaman yang menghasilkan bubuk yang biasa digunakan untuk mengharumkan makanan atau kue, harga vanili pada tahun ini berksiaran Rp. 120.000 sampai dengan 200.000 / kg (mentah atau basah), lama panen pada buah vanili kurang lebih 7 sampai dengan 8 bulan baru layak untuk dipanen, lamanya panen mepengaruhi kualitas buah vanili, 
dinsi saya ingin memberikan tips bagaimana cara permentasi buah vanili agar mendapatkan aroma yang harum, karena selain kadar air kualitas aroma yang dikeuarkan oleh vanili juga menjadi syarat harga yang mahal. 

Apa yang harus pertama dilakukan ketika ingin permentasi vanili, ? ada beberapa cara, tapi saya hanya akan membahas satu cara disni, cara yang biasa saya lakukan.
Oke kita bahas, Pertama Buah vanili yang telah dipanen dibersihkan dengan air bersih lalu dicuci, baiknya dengan air mengalir, setelah buah vanili dicuci dengan bersih teriskan beberapa menit, sambil menunggu buah vanili ditiriskan sembari memanaskan air di wajan untuk merebus buah vanili diatas belanga yang berukuran besar atau dikondisikan jumlah buah vanili yang ingin dipermentasi. Selanjutnya adalah air dibalanga mulai panas dengan suhu 80 Derajat Celcius, Stabilkan suhu tersebut jangan sampai air di belanga mendidih jadi air yang dibelanga harus tetap 80 Derajat celcius, masukkan buah vanili dibelanga pada saat air sudh mulai sampai pada suhu 80 derajat celcius, aduk buah vanili dengan cara dibolak balik, sampai buah vanili terasa lotoi atau kalau dibengkokkan tidak patah,  waktu untuk merebus vanili kurang lebih 5 menit saja, jangan terlalu lama (ingat konsistenkan suhu airnya).

Siapkan Boks dan kain hitam atau karung goni, masukkan dalam boks untuk digunakan membungkus vanili, setelah vanili direbus langsung masukkan kedalam boks, setelah semua vanili dimasukkan langsung tutup boks kalau perlu lakban dengan isolasi sekeliling boks agar uapnya tetap terjaga, dan diamkan selama 4 hari jangan dibuka selama proses permentasi. jika sudah empat hari  silahkan buka boks ciri ciri bahwa perementasi berhasil vanili akan berubh warna menjadi kecolatan, hal yang perlu di ingat jangan terlalu lama membuka boks karena bisa mengakibatkan buah vanili terserang jamur. 

Langkah selanjutnya keringkan buah vanili dengan sinar matahari langsung, proses pengeringan dilakukan pada jam 10.00 Wita pada saat matahari sudah muncul, awal pengerigan hanya dilakukan dengan durasi kurang lebih dua jam lamanya, jangan keringkan vanili seharian full, ini akan mengakibatkan vanili kering patah, sehingga tidak mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan ini sampai kadar air vanili sudah baik yaitu berada pada kadar 35% sampai dengan 25% atau bisa diperkirakan dengan melihat tekstur vanili. 

Gambar diatas menunjukkan bahwa yang sebelah kanan adalah buah vanili yang belum di proses masih mentah berwarna hijau tua, sedangkan yang sebelah kiri berwarna coklat, dari aroma juga berbeda, gambar yang berwarna coklat telah melalui proses permentasi, dari perebusan sampai dengan di simpan dalam boks selama empat hari, dan sampai pada proses penjemuran, dalam proses penjemuran bisa juga berikan perlakuan pada vanili agar tidak terlalu kering akibat sinar matahari dengan cara ditutup menggunakan kain hitam.  


Sekalian saya jelaskan tentang bagaimana cara penyerbukan pada bunga vanili agar bisa menjadi buah, karena banyak yang bisa menanam vanili tapi kebanyakan juga lupa bahwa tanaman vanili perlu bantuan tangan manusia untuk proses penyerbukan, langsung saja saya jelaska cara dan apa saja yang perlu diperhatikan dalam melakukan polinasi vanili. 

Beberapa hal yang harus diperhatikan pada saat melakukan penyerbukan pada bunga vanili adalah cuaca, harus dalam kondisi keadaan kering dan bunga tidak basah karena embun. Dari satu tandan bunga yang mekar baiknya  dipertahankan 15 – 20 bunga saja. Mekarnya bunga vanili dari satu tandan dalam satu hari sekitar 1 sapai dengan  3 maka penyerbukan dilakukan dalam beberapa hari. Penyerbukan bisa dikatakan berhasil apabila 1 sampai 2 hari setelah penyerbukan dilakukan bunga tidak gugur/jatuh. Beberapa minggu setelah penyerbukan dilakukan semua tandan harus diseleksi dengan melakukan penjarangan terhadap buah yang terbentuk. Untuk mendapatkan buah yang lurus dan Panjang dipertahankan 9 – 13 buah. Untuk mendapatkan buah yang berkualitas baik buah dipanen pada saat berumur 8 – 10bulan. Kategori buah yang siap petik atau dipanen adalah  berubahnya warna dari hijau tua mengkilap menjadi hijau muda dan bagian ujung mengering, pada kulit buah nampa garis-garis tips berwarna kuning.

Ini adalah langkah langkah penyerbukan bunga Vanili : 

Alat yang dibutuhkan dalam penyerbukan vanili adalah lidi yang dibentuk runcing, 
setelah alat siap selanjutnya penyerbukan bunga vanili, 

1. buka kelopak bunga vanili yang menutupi putik, buka dengan secara hai hati dan teliti, 

2. Angkat kepala putik yang melengkung menggunakan alat (lidi)

3. Setelah kepala putik diangkat tekan kembali dengan hati hati, 

4. Pastikan menempel dan tidak terlepas, 

dibawah ini adlah vidio porse penyerbukan pada tanaman vanili











Post a Comment for "Permentasi buah vanili"